Rabu, 12 Maret 2008

Kontroversial Multi Level Marketing (MLM) Tianshi

Katanya :
1. Bisnis Jualan door to door
Faktanya :
Membangun Organisasi Bisnis Yang Kuat
Di dalam MLM Tianshi ada beberapa support system misalnya Unicore, support system inilah yang melatih dan mengajari para distributor tianshi untuk membangun jaringan yang luas karena jaringan kita adalah aset kita yang bisa membuat kita mendapatkan passive income. Kalau kita jalanin bisnis MLM dengan cara jualan door to door itu namanya salah konsep, jadinya membangun bisnis kuadran B dengan cara kuadran S. Bisa sih dapat penghasilan tapi tidak bisa bangun aset.
Katanya :

2. Produknya Tidak Laku Jadi Di MLM kan
Faktanya :
Produk Dengan Kualitas ++
Salah satu satu syarat sukses MLM adalah produk yang dipasarkan harus produk yang unggulan dan berkualitas tinggi.
Berikut beberapa sertifikat dan penghargaan yang diterima oleh produk Tianshi :
- Sertifikat ISO 9001 untuk Quality Management System
- Sertifikat dari PBB untuk keamanan terhadap lingkungan
- Sertifikat dari FDA (Food and Drug Administrasion)
- Sertifikat dari Badan POM
- Sertifikat halal dari MUI
- Sertifikat halal dari Malaysia
- dll
Katanya :

3. Mark Up Harga Produk
Faktanya :
Efesiensi Konsep Distribusi
Dalam jalur distribusi konvensional biasanya jalur distribusi melalui importir - distributor wilayah - distributor kota - pedagang grosiran - pedagang menengah - toko - konsumen.
Nah setiap bagian dalam jalur distribusi diatas kan mau mendapatkan keuntungan jadi harga produk bisa menjadi berkali - kali lipat ketika sampai di tangan konsumen.Itu belum termasuk biaya promosi dan hadiah untuk konsumen. Apalagi kalau produknya dijual di tempat yang lebih eksklusif. Contoh :Sebuah teh botol kalau kita beli di toko seharga Rp. 2000 kalu di hotel bisa jadi Rp.5000 ( kok ga ada yang ribut ya? padahal kan jelas jelas mark up harga produk)
Kalau jalur distribusi perusahaan MLM itu hanya produsen - distributor/ konsumen - konsumen. Harga produknya tetap sama dengan produk yang didistribusikan dengan jalur konvensional, hanya bonusnya lebih besar karena jalur distribusinya sangat singkat.
Rata - rata biaya distribusi sebuah perusahaan besar bisa mencapai 60% sampai 80% dari biaya produksi.

Katanya :
4. Bisnis tipu menipu
Faktanya :
Marketing Plan Jelas Sejak Awal
Sejak awal kita ditawarkan bisnis Tianshi, sudah dijelaskan marketing plannya dengan jelas, rewardnya benar - benar diberikan secara gratis bukan pinjaman ( sudah banyak buktinya ) dan perusahaannya juga open house (bisa dikunjungi kapan saja).
Katanya :
5. Sekedar Untuk Penghasilan Tambahan
Faktanya :
MLM Adalah Profesi Pencetak Jutawan Terbanyak
Majalah warta Bisnis 2003 mencatat 100 pemasar terkaya sebagian besar adalah pelaku bisnis MLM, dan Urutan lima besar dipegang oleh distributor Tianshi.
Berikut ini profesi - profesi pencetak uang versi Warta Ekonomi Jun i2001
Profesi Kisaran penghasilan
Distributor MLM 100 juta - 200 juta per bulan
Entertainer 15 juta - 20 juta per acara
Agen Asuransi 1 miliar - 2 miliar per tahun
Konsultan Manajemen 2.5 miliar per tahun
Pengacara US$ 1000 per jam / kasus
Headhunter 1 miliar - 3 miliar per tahun
Pengamat Ekonomi 100 juta per bulan
Broker Properti 1 miliar - 2 miliar per tahun
Dokter spesialis 10 juta per malam
Pekerja IT ( Teknik Informasi) 10 juta per proyek

Katanya :
6.Merugikan Yang Bergabung Belakangan
Faktanya :
Siapa Yang Lebih Berprestasi akan Mendapat Hasil Yang Lebih Banyak
Dalam MLM Tianshi misalnya Upline anda seorang *4 memiliki downline seorang *3 dan seorang *8(anda) yang memiliki 3 orang *7. Bila hal ini terjadi maka andalah yang akan mendapatkan hasil yang lebih banyak dan upline anda hanya akan mendapatkan bonus recehan
Contoh nyata :
Pada tahun 2002 Agus TL mensponsori Rudy M.Noer, rudy M.Noer mensponsori Trisulo, dan Trisulo mensponsori Louis Tendean, pada tahun 2006 posisi dari yang tertinggi adalah sebagai berikut Louis Tendean (2diamond) - Trisulo (1 Diamond) - Rudy M.Noer (GL) - Agus TL (SL)

Katanya :
7. Butuh Relasi Banyak
Faktanya :
Memberikan Relasi Yang lebih Banyak
Bila anda hanya mengajak 1 orang bergabung dalam tim anda dalam 1 bulan, dan tim anda juga melakukan hal yang sama hanya mengajak 1 orang dalam 1 bulan maka dalam satu tahun anda sudah memiliki 4096 anggota dalam jaringan anda.
Contoh nyata : Livia Helen adalah seorang yan sangat introvert, pada saat memulai bisnis ini, ia hanya memiliki 4 orang teman. Setelah menjalankan bisnis ini, dia memiliki jaringan ratusan ribu orang dan dia memiliki banyak sekali sahabat - sahabat baru di dalam bisnis ini.

Katanya :
8. Indoktrinasi dan Cuci Otak Dengan Janji Muluk Muluk
Faktanya :
Membangun Kualitas Distributornya
Perusahaan MLM Tianshi selalu menganjurkan distributornya untuk membaca buku buku positif untuk meningkatkan skill dan kepribadian kita serta memiliki wawasan yang lebih luas.Semua reward yang dijanjikan oleh Tianshi sudah ada buktinya, bahkan reward diberikan lebih cepat dari yang dijanjikan ( seharusnya posisi Silver lion baru berhak mendapat mobil mewah, namun sekarang para *8 sudah banyak yang menerima reward mobil mewah)
Lagian kalau memang pikirannya kotor terus bagus juga ya kalau sekali - kali dicuci otaknya.

Katanya :
9. Bisnis MLM Sudah Jenuh atau Akan Jenuh
Faktanya :
Pertumbuhan jumlah distributor Tianshi jauh di bawah pertumbuhan jumlah penduduk Indonesia
Jumlah penduduk Indonesia tahun 2004 sekitar 216 juta jiwa dengan pertumbuhan sekitar 2 juta jiwa setahun sedangkan pertubuhan distributor Tianshi hanya sekitar 200 ribu setahun. dengan mengesampingkan faktor pertumbuhan penduduk ( kelahiran dan kematian), penduduk Indonesia baru habis disponsori dalam waktu 90 tahun lagi.

Katanya :
10. Yang Sukses Sedikit
Faktanya :
Nah untuk yang satu ini memang benar karena itulah fakta kehidupan.
Dalam bidang olahraga : Sang juara selalu lebih sedikit dari yang kalah
Dalam organisasi perusahaan : Direktur lebih sedikit daripada karyawannya.

Tidak ada komentar: